Kunjungan

Hari ini1
Kemarin3
Minggu ini14
Bulan ini207
Total15939

Visitor IP : 34.228.115.216 Visitor Info : Unknown - Unknown Saturday, 16 February 2019 05:47 Powered by CoalaWeb

Who's OnLine

We have 4 guests and no members online

Mind Radio

mind radio


24 hour INSpiration

BlackBerry App :
www.bb.medisugesti.com
(download & install dari browser BB Anda)

Provided by the online degree and distance learning technology group.

SES by business degree online promotion team.

FREE URL Submission - Submit your site to dozens of top search engines for FREE. No strings attached! FREE Search Engine Submission - Submit your site to dozens of top search engines for FREE. No strings attached! FREE Search Engine Submission

FREE URL Submission - Submit your site to dozens of top search engines for FREE. No strings attached! FREE Search Engine Submission - Submit your site to dozens of top search engines for FREE. No strings attached! FREE Search Engine Submission

Top Traffic Wholesaler - Offers Lowest Targeted Traffic..
World's leading company in Online Website Advertising since 2005.. Offering high volume targeted traffic - Greatest Place To Buy - Lowest Price To Get.

Internet Marketing

 

FREE Search Engine Submission

FREE Search Engine Submission @Submit!-FREE Promotion AriesTrade.com Web Directories Web Directories

add url free link exchange - add url free link exchange from homeownersinsurance.co.uk.

free search engine website submission top optimization AddPro.comSearch Engine Optimization

Online Advertising

free search engine submission

AriesTrade.com

PageRank Checker

 

Amfibi Web Search & Directory

Mengatasi Anak Penakut

anak berani

 

Sifat penakut mungkin kadang menjengkelkan Anda. Untuk itu dalam mengatasi anak penakut membutuhkan kesabaran. Sikap terburu-buru, justru bisa membuat anak menjadi semakin takut. Berikan pemahaman dan penjelasan yang rasional sehingga perlahan rasa takutnya berkurang.

    Perasaan takut adalah hal yang wajar. Tidak hanya pada anak-anak, orang dewasa pun tidak sedikit yang memiliki sifat tersebut. Tapi memang ada juga yang memiliki perasaan takut terhadap sesuatu yang padahal menurut sebagian orang hal itu adalah hal yang tidak menakutkan.

    Pada anak-anak, perasaan takut yang paling sering adalah pada kegelapan. Ada juga anak yang takut saat ditinggal sendiri oleh orang tuanya, padahal masih ada teman-temannya. Atau ada juga yang takut pada bunyi-bunyian alam saat malam, seperti suara jangkrik, atau suara pohon tertiup angin.

 

    Jika anak Anda termasuk tipe penakut, jangan sekali-kali malah menakutinya. Misalnya dengan bilang kalau suara jangkrik di malam hari adalah suara hewan yang akan menangkap anak kecil yang nakal. Hal tersebut justru akan membuatnya menjadi takut pada hal-hal yang sebenarnya tidak perlu ditakuti.

    Tapi jika ketakutan yang dirasakan oleh anak Anda sangat berlebihan, tentunya perlu diatasi dengan segera. Karena kalau tidak akan mempengaruhi kepribadiannya kelak. Mereka yang memiliki rasa takut berlebih cenderung menjadi lemah dan tidak percaya diri.

    Ada beberapa hal yang menjadikan anak penakut. Misalnya saja secara tidak langsung ataupun tidak, anak Anda dididik menjadi penakut. Orang tua yang mendidik anaknya dengan keras dan cenderung memberikan hukuman-hukuman, akan membuat anak tertekan dan takut berlebihan.

   Sebaiknya hindari hal tersebut. Jika memang anak Anda salah, Anda bisa memberitahunya dengan cara yang lembut. Memberi penjelasan kalau apa yang dilakukan anak salah dan beritahu ia dampak jika ia melakukan kesalahan itu. Tidak perlu dengan bentakan, apalagi pukulan.

    Menakut-nakuti anak pun bisa menjadi salah satu sebab anak menjadi penakut. Terkadang orang tua melakukan hal ini untuk membuat anaknya tidak menangis, cepat tidur, atau lainnya. Misalnya saja dengan menakut-nakuti anak tentang kegelapan, hantu, pohon yang bergoyang, dan lainnya.

    Mungkin pada sebagian anak hal tersebut akan efektif. Tapi di sisi lain, hal tersebut akan tertanam dalam diri anak, dan akan membuatnya terus mengingat hal-hal yang dianggapnya menakutkan itu. Jika hal itu dilakukan secara berulang, anak akan menjadi takut berlebihan.

     Ketakutan pada anak juga bisa terjadi karena melihat orang tuanya takut pada hal atau sesuatu. Secara tidak langsung, orang tua akan memberitahukan pada anaknya bahwa apa yang ia takuti adalah sesuatu yang benar-benar menakutkan. Itulah yang akan tertanam dalam diri anak sehingga ia pun menjadi takut.

    Untuk mengatasinya mungkin sedikit sulit, mengingat Anda pun takut terhadap hal itu. Namun sebisa mungkin Anda tidak menunjukkan perasaan takut yang berlebihan ketika Anda dan anak Anda dihadapkan pada hal atau sesuatu tersebut.

    Ketakutan juga bisa disebabkan dari pengalaman yang tidak menyenangkan yang pernah dialami oleh anak Anda. Misalnya dicakar kucing, dikejar Anjing, jatuh ke sungai, dan lainnya. Hal-hal tersebut bisa menimbulkan trauma yang membuat anak Anda menjadi takut.

   Menghadapi hal tersebut, Anda bisa memberikan pemahaman pada anak. Misalnya dengan memperkenalkan kucing padanya. Bagaimana cara memegang kucing agar tidak dicakar. Atau memberitahu agar tidak lari ketika ada Anjing dan lainnya.

    Mengatasi anak penakut harus dilakukan secara perlahan. Kesabaran Anda sangat dituntut dalam hal ini. Seiring perkembangan usianya, anak-anak akan bisa memahami mana hal-hal yang memang benar-benar menakutkan dan mana hal-hal yang sebenarnya tidak perlu ia takuti.

 

Sumber :

http://www.melindahospital.com/modul/user/detail_artikel.php?id=1754_Bagaimana-Mengatasi-Anak-Penakut-?